Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking Dan Tingkat Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah

Studi Kasus Pt Bank Mandiri Bogor Tbk

Authors

  • Riana Riana Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Harry Roestiono

DOI:

https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.350

Keywords:

Kualitas Layanan Internet Banking, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah, Sektor Perbankan, kualitas layanan, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah

Abstract

Memasuki era digital, dalam menjaga serta mempertahankan keberlangsungan usaha setiap perusahaan khususnya di sektor perbankan dibutuhkan suatu inovasi guna meningkatkan loyalitas nasabah, salah satunya dengan diadakannya layanan Internet Banking yang berkualitas yang dapat memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan tanpa harus datang ke bank. Di sisi lain, tingkat kepuasan nasabah juga harus dikembangkan yang dilihat dari segi keamanan dalam bertransaksi, penyelesaian masalah yang dihadapi nasabah Bank, dan produk perbankan yang bermanfaat untuk nasabah. Maka dari itu perusahaan perbankan perlu mengupayakan dalam meningkatkan dan menjaga loyalitas dengan mengukur aspek yang ditinjau baik dalam pelayanan nasabah salah satunya dari layanan sisi Kualitas Layanan Internet Banking dan segi kepuasan nasabah

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan metode field research, yakni penelitian yang dilakukan dengan penggambaran pengolahan data angka yang berasal dari kuesioner yang telah di sebarkan kepada nasabah Bank Mandiri. Sehingga dapat diketahui bahwa Layanan Internet Banking dan kepuasan nasabah sangat berpengaruh terhadap tingkat loyalitas nasabah. Adapun fitur yang disediakan oleh bank, salah satunya seperti design yang menarik dalam fitur layanan transaksi menjadi pilihan utama nasabah sebagai bentuk upaya yang harus ditingkatkan oleh bank dalam menjaga Loyalitas Nasabah.

Bank Mandiri telah melakukan upaya dalam peningkatan kualitas layanan Internet Banking. Penawaran dengan beragam fitur transaksi keuangan membuat Bank Mandiri dapat meningkatkan kepuasan nasabah. Transaksi keuangan yang mudah, aman, dan cepat menjadi poin tambah dalam aspek loyalitas nasabah. Pemenuhan ini juga sudah tersedia hingga di seluruh cabang termasuk di cabang Bogor. Oleh karena itu adanya peningkatan Kualitas Layanan Internet Banking dan pemenuhan kepuasan nasabah, sangat signifikan terhadap loyalitas nasabah dan penting untuk keberlangsungan usaha Bank Mandiri di sektor perekonomian.

Kata Kunci : Kualitas Layanan Internet Banking, Kepuasan Nasabah, Loyalitas Nasabah, Sektor Perbankan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, David A. and Kevin L. Keller. 1990. Consumer Evaluations of Brand Extensions, Journal of Marketing. 1(54): 27-41.
Ade Arthesa & Edia Handiman. 2006. Bank dan Lembaga Keuangan bukan Bank. Jakarta: PT.INDEKS kelompok Gramedia.
Atep Adya Barata. (2003). Dasar- Dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Elex Media Kompetindo.
Bank Danamon, 2019, Hari Bank Dunia, Lihat Perjalanan Layanan Perbankan di Era Digital. [tersedia pada: https://www.danamon.co.id/id/Tentang Danamon /BeritaDanamon/Article/2019/05/17/07/50/Hari-Bank-Dunia-Lihat-Perjalanan-Layanan-Perbankan-di-Era-Digital] [diakses tanggal 21 November 2019]
Bank Indonesia. 2004. Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 6/23/DPNP Perihal
Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank. www.bi.go.id. 31 Mei.
Briyan E.S, 2017, Analisis SWOT Bank Mandiri Tbk. [tersedia pada: http://briyanworld.blogspot.com/2015/02/analisis-swot-bank-mandiri-tbk.html] [diakses tanggal 28 Oktober 2019]
Budi Agus Riswandi, 2005, Aspek Hukum Internet Banking, Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Christoper Lovelock. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa, Kelompok Gramedia, Indeks, Indonesia.
Christopher H Lovelock dan Lauren K. Wright, 2007, Manajemen Pemasaran Bank, Alih bahasa.
Fandy, Tjiptono. 2002. Strategi Pemasaran, Cetakan Keenam. Yogyakarta: Andi Offset.
Fandy, Tjiptono, 2005, Pemasaran Jasa, Malang: Bayumedia Publishing.
Fandy, Tjiptono, dkk. 2008. Pemasaran Strategi: C.V Andi Offset.
Griffin, Jill, 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Erlangga, Jakarta.
Haryeni, Nofri Yendra, dan Puti Annisa Utari, 2016. “Penentu Loyalitas: Peran Perceived Service Quality dan Emotional Satisfaction (Studi Kasus Bank “Mandiri”)”. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Menara Ilmu Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Ida, Bagus Ngurah Satwika Purwa. 2018. “Peran Kepercayaan Nasabah Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah”. Jurnal Penelitian Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali.
I Gede Yogi Pramana. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank “Mandiri”)”. Jurnal Penelitian Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali.
Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi 2008. Jakarta:
PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.
Kasmir. (2012), Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, Philip (2006). Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. Indonesia: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Lovelock, C, dan John Wirtz, 2011. “Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7”. Jakarta :
Erlangga.
Muhammad Aslam Ahmad, 2018. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Bank Syariah “Mandiri”)”. Jurnal Penelitian, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Universitas Negeri Makassar.
Mutiara Annisa, 2017, [tersedia pada: https://www.kompasiana.com/kelompok5top/5a0272ae9b1e67146d033532/masa-depan-industri-keuangan-perbankan-di-era-digital ekonomi?page=3] [diakses tanggal 21 November 2019]
S. Hana Maria, Fanni Husnul Hanifa, 2016. “Pengaruh Kualitas Jasa Perbakan Dengan Menggunakana Internet Banking Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Penelitian Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Universitas Telkom.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Published

2020-08-25

How to Cite

Riana, R., & Roestiono, H. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking Dan Tingkat Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah: Studi Kasus Pt Bank Mandiri Bogor Tbk. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 139–148. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.350