Analisis rasio LDR, Leverage dan Profitabilitas Untuk Menilai Pertumbuhan Laba

Studi Kasus Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT. Bank Mandiri Tbk, PT. Bank Negara Indonesia Tbk, PT. Bank Central Asia Tbk, PT. Bank Panin Tbk.

Authors

  • Riska Septiana Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Nusa Muktiadji Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.355

Keywords:

LDR, DAR, ROA, Laba, Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Loan to Deposit Ratio, Debt to Asset Ratio dan Return on Assets Terhadap Pertumbuhan Laba yang terjadi pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT. Bank Mandiri Tbk, PT. Bank Negara Indonesia Tbk, PT. Bank Central Asia Tbk, PT. Bank Panin pada tahun 2014-2018.

          Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif dengan sumber data sekunder yang berasal dari laporan keuangan masing-masing bank. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif, analisis inferensia, uji asumsi klasik, analisis linear berganda dan koefisien determinasi. Analisis regresi digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dengan nilai signifikasi 5 persen. Sedangkan analisis koefisien determinasi digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dan variabel dependen.

          Dari uji hipotesis secara parsial (Uji T) yang telah dilakukan oleh penulis diperoleh hasil bahwa Loan to Deposit Ratio berpengaruh terhadap Pertumbuhan Laba, Debt to Asset Ratio tidak berpengaruh terhadap Pertumbuhan Laba dan Return on Assets berpengaruh terhadap Pertumbuhan Laba. Untuk uji hipotesis secara simultan (Uji F) diperoleh hasil bahwa variabel independen yaitu Loan to Deposit Ratio, Debt to Asset Ratio dan Return on Assets berpengaruh secara simultan terhadap Pertumbuhan Laba.

Kata Kunci : Loan to Deposit Ratio (LDR), Debt to Asset Ratio (DAR), Return On Assets (ROA), Pertumbuhan Laba.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-08-27

How to Cite

Septiana, R., & Muktiadji, N. (2020). Analisis rasio LDR, Leverage dan Profitabilitas Untuk Menilai Pertumbuhan Laba: Studi Kasus Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT. Bank Mandiri Tbk, PT. Bank Negara Indonesia Tbk, PT. Bank Central Asia Tbk, PT. Bank Panin Tbk. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 189–198. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.355