Pengaruh Media Social Marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Produk Sepatu Converse Pada Mahasiswa FEB Universitas Prof Dr Hamka

Authors

  • Radifa Witsqa Muhammad Universitas Prof Dr Hamka
  • Eti Rochaeti Universitas Prof Dr Hamka
  • Edi Setiawan Universitas Prof Dr Hamka

DOI:

https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.451

Keywords:

Sosial Media Marketing, Electronic Word Of Mouth, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sosial Media Marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Produk Sepatu Converse Pada Mahasiswa Feb Universitas Prof. DR. HAMKA. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Manajemen Pemasaran yang berhubungan dengan sosial media marketing dan e-word of mouth. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, sedangkan jenis penelitiannya deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 155 responden. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi linier berganda dengan melakukan uji T dan uji F. Hasil penelitian dengan menggunakan software SPSS 20.0 menunjukan bahwa 1). Sosial Media Marketing berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Minat Beli. 2). E-Word Of Mouth berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Minat Beli. 3).Sosial Media Marketing dan E-Word Of Mouth berpengaruh secara simultan terhadap Minat Beli. Karena nilai t hitung sosial media marketing (5,923) lebih besar dari t tabel (1,975) dan e-word of mouth (4,480) lebih besar dari t tabel (1,975) dan f hitung variabel independen (97,157) lebih besar dari f tabel (3,06). Nilai koefisien determinasi (Adjusted R)2diperoleh nilai sebesar 55,5% menunjukan bahwa kontribusi pengaruh sosial media marketing dan e-word of mouth secara bersama-sama dapat mempengaruhi minat beli. Sedangkan sisanya sebesar 44,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-02

How to Cite

Muhammad, R. W., Rochaeti, E., & Setiawan, E. (2021). Pengaruh Media Social Marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Produk Sepatu Converse Pada Mahasiswa FEB Universitas Prof Dr Hamka. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2), 31–40. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.451