PENGARUH KEPERCAYAAN, KEGUNAAN, KEAMANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN MOBILE PAYMENT LINKAJA DENGAN KEMUDAHAN SEBAGAI VARIABLE MEDIASI

Studi pada Mahasiwa di Yogyakarta

Authors

  • Mala Kresisiana Utami UPN VETERAN YOGYAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.554

Abstract

ABSTRACT

This study aims to determine and analyze the effect of trust, usefulness, security and convenience as a mediating variable on the intention to use LinkAja mobile payments. This research is a survey research, where the research instrument is a questionnaire. The population in this study were the users of the LinkAja mobile application among students in Yogyakarta. Data collection was carried out in January. A sample of 225 respondents who were determined by purposive sampling technique. The data analysis technique used Partial Least Square (PLS). The results of the study found that: Trust has a positive and significant effect on intention to use. Usefulness has a positive and significant effect on intention to use. Security has a positive and significant effect on intention to use. Ease has a positive and significant effect on intention to use. Trust has a positive and significant effect on intention to use through ease. Usefulness has a positive and significant effect on intention to use through ease. Security has a positive and significant effect on intention to use through ease.

Key words: Trust, Usefulness, Security, Ease, And Intention to Use

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan, kegunaan, keamanan dan kemudahan sebagai variable mediasi terhadap minat menggunakan mobile payment LinkAja. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian survei, dimana instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi mobile LinkAja pada mahasiswa di Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan pada bulan Januari. Sampel sebanyak 225 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square(PLS). Hasil penelitian menemukan bahwa:Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan. Kegunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan. Keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan. Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan. Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan melalui kemudahan. Kegunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan melalui kemudahan. Keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan melalui kemudahan.

Kata kunci: Kepercayaan, Kegunaan, Keamanan, Kemudahan, dan Minat Menggunakan

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-04

How to Cite

Utami, M. K. (2021). PENGARUH KEPERCAYAAN, KEGUNAAN, KEAMANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN MOBILE PAYMENT LINKAJA DENGAN KEMUDAHAN SEBAGAI VARIABLE MEDIASI: Studi pada Mahasiwa di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 9(2), 111–120. https://doi.org/10.37641/jimkes.v9i2.554