Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Masker Sensi Duckbill

Authors

  • Shofa Arviani Nur Islamiati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
  • Surpiko Hapsoro Darpito Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta
  • Hadi Utomo Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i1.1637

Keywords:

gaya hidup, harga, kualitas produk, e-WOM, keputusan pembelian

Abstract

ABSTRACT

          This study aims to determine and analyze the influence of lifestyle, price, product quality and electronic word of mouth on purchasing decisions. The type of research used is quantitative survey research with data collection tools in the form of questionnaires. The population in this study were all the people of Brebes Regency who had bought Sensi Duckbill masks. The data used is primary data obtained from the answers of 100 respondents by purposive sampling method. The data / technique used is Multiple Linear Analysis. The results of the study concluded that: 1) Lifestyle has a positive and significant effect on the Purchase Decision for Sensi duckbill mask products in the Brebes Regency area, 2) Price has a positive and not significant effect on the Purchase Decision for Sensi duckbill mask products in the Brebes Regency area, 3) Product Quality has an effect positive and signific/ant impact on the Purchase Decision for Sensi duckbill mask products in the Brebes Regency area, 4) E-WOM has a positive and significant effect on the Purchase Decision for Sensi duckbill mask products in the Brebes Regency area, 5) Lifestyle, Price, Product Quality and E-WOM jointly have a significant effect on the Purchase Decision for Sensi duckbill mask products in the Brebes Regency area.

Keywords: Lifestyle, price, product quality, e-WOM and purchase decision.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya hidup, harga, kualitas produk dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey kuantitatif dengan alat pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Masyarakat Kabupaten Brebes yang pernah membeli masker Sensi Duckbill. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari jawaban 100 responden dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Linier Berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Gaya Hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk masker Sensi duckbill di wilayah Kabupaten Brebes, 2) Harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk masker Sensi duckbill di wilayah Kabupaten Brebes, 3) Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk masker Sensi duckbill di wilayah Kabupaten Brebes, 4) E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap Keputusan Pembelian produk masker Sensi duckbill di wilayah Kabupaten Brebes, 5) Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk dan E-WOM secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap terhadap Keputusan Pembelian produk masker Sensi duckbill di wilayah Kabupaten Brebes.

Kata Kunci: Gaya hidup, harga, kualitas produk, e-WOM dan keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Assael, H. (2004). Consumer Behavior: A Strategic Aprroach. Boston: Houghtoun Mifflin Company.
Darpito, Surpiko Hapsoro. (2010). Peran Biaya Beralih Pelanggan dalam Penguatan Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas. Jurnal Karisma, (4)2, 118-131.
Diskominfo Kab. Kotawaringin Barat (2020). Jadikan Masker Gaya Hidup Baru Kominfo Kampanyekan #AyoPakaiMasker. Diakses pada 20 Oktober 2021, dari https://diskominfo.kotawaringinbaratkab.go.id/page/detail/jadikan-masker-gaya-hidup-baru-kominfo-kampanyekan-ayopakaimasker.
Fitriana, Sudodo, Y., & Hakim, L. (2019). Pengaruh Gaya hidup, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1).
Goyette, et all. (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences: Wiley Interscience, 27: 5-23.
Ochell. (2021). Rekomendasi Masker yang Nyaman digunakan. Diakses pada 13 Desember 2021, dari https://editorial.femaledaily.com/blog/2021/02/10/rekomendasi-masker-yang-nyaman-digunakan.
Kotler, P. & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson education.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Kusumodewi, G., & Sudarwanto, T. (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kain Batik Mirota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga 1-13.
Luthfiyatillah, et all. (2020). Efektifitas Media Instagram dan E-Wom ( Electronic Word Of Mouth ) terhadap Minat Beli serta Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian Ipteks, 5 (1), 101-115.
Padmawati, N. M, & Suasana, I. G. A. K. G. (2020). Peran Kepercayaan Merek dalam Memediasi Pengaruh E-Wom terhadap Keputusan Pembelian Produk Chatime di Bali. E-Jurnal Manajemen, 9(7), 2621-2641.
Putri, R.A.A, & Rismawati (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan E-WOM Terhadap Purchase Decision Shopee pada Generasi Z. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 11(7), 2461-0593
https://www.pinhome.id/blog/alasan-menggunakan-masker-duckbill.
https://pontianak.tribunnews.com/2021/02/04/harga-masker-sensi-duckbill-di-alfamart-cara-membeli-masker-duckbill-di-alfamart-secara-online.
Rachmawati, et all. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab di Nadiraa Hijab Yogyakarta. Jurnal Cakrawangsa Bisnis, 1(2), 187-200.
Rahmah, H. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Sophie Martin (Studi Pada Mahasiswa di Kota Surabaya). (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, 2019). Diakses dari https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=http://digilb.uinsby.ac.id/34496/2/Hadaita%2520Rahmah_G73215035.pdf&ved=2ahUKEwjQxOTy_7T4AhUY4HMBHaCUCMMQFnoECAwQAQ&usg=AOvVaw1-rb6q9zB-oRghplypumzF.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2020), "Service, Quality dan Satisfaction", Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Nur Islamiati, S. A., Darpito, S. H., & Utomo, H. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Masker Sensi Duckbill. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(1), 41–52. https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i1.1637