Evaluasi Kelompok Referensi Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Foresthree Coffee

  • Supriatna Supriatna Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Mumuh Mulyana
  • Wulandari Dwi Utari Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
Keywords: coffee shop, kelompok referensi, group references, keputusan pembelian, destination

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman, Industri food and beverage di Indonesia turut mengalami perubahan ke arah yang lebih modern. Bahkan saat ini food and beverage berkembang menjadi industri yang memiliki banyak peminat khususnya di industry coffee. Bisnis food and beverage ini nyatanya menguntungkan bagi banyak pihak sehingga memiliki pengaruh terhadap ekonomi kreatif Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui apakah Grup Referensi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. 2. Untuk mengetahui atribut produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian. 3. Untuk mengetahui Grup Referensi dan atribut produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Hasil penelitian menunjukkan 1) Foresthree coffee memiliki banyak keuntungan dari jejaring grup referensi yang terbentuk secara alami dan memberikan dampak yang baik terhadap loyalitas serta berpengaru terhadap keputusan pembelian. 2) Keuntungan dari Grup Referensi yang dilakukan oleh konsumen loyal adalah sebagai bentuk promosi terhadap konsumen baru yang otomatis meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan maupun produk yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk meningkatkan angka penjualan dan sebagai bukti kualitas perusahaan. 3) Dampak yang ditimbulkan adalah kepercayaan pasar terhadap perusahaan maupun produk yang dikeluarkan semakin meningkat dan meningkatnya jumlah konsumen yang mengenal produk dari Foresthree coffee.

Kata kunci: grup referensi, foresthree coffee

Published
2021-07-02
How to Cite
Supriatna, S., Mulyana, M., & Utari, W. (2021). Evaluasi Kelompok Referensi Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Foresthree Coffee. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 2(2), 61 - 70. https://doi.org/10.37641/jipkes.v2i2.510