Pengaruh Experiential Marketing Dan Fasilitas Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pada Jungleland Advanture Theme Park

Authors

  • Muhammad Iqbal Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Sujana Sujana Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jipkes.v2i2.783

Keywords:

experiential marketing, facility, minat kunjungan

Abstract

Perkembangan dunia usaha ini telah diwarnai dengan  berbagai  persaingan di segala bidang. Pariwisata menjadi salah satu usaha yang sangat berkembang pesat di saat ini, dimana pariwisata telah tumbuh menjadi sebuah industri yang sangat menguntungkan dan memiliki prospek yang sangat baik seakan-akan telah menjadi kebutuhan pokok manusiawi. JungleLand merupakan tempat rekreasi, hiburan, dan edutainment yang sangat tepat bagi keluarga dan bisa dinikmati oleh segala usia. Jungleland Adventure Theme Park didesain di kawasan pegunungan yang sejuk dengan udara yang bersih dan sehat, sehingga suasananya sangat nyaman untuk berwisata.Dengan semua wahana yang baru, spektakuler, dan Science Centre terbesar di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Experiential Marketing dan Fasilitas secara bersama-sama terhadap Minat Kunjungan Ulang (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Experiential Marketing terhadap Minat Kunjungan Ulang, (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh  Fasilitas terhadap Minat Kunjungan Ulang. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil dari Masyarakat Kota Bogor. Data penelitian diolah menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Experiential Marketing dan Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Kunjungan Ulang pada Jungleland Advanture Theme Park dengan nilai F hitung sebesar 29,811 dan lebih besar dibandingkan dari F tabel sebesar 2,70 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000. (2) Experiential Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Kunjungan Ulang pada Jungleland Advanture Theme Park dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,054 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,594. (3) Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Kunjungan Ulang pada Jungleland Advanture Theme Park dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,440 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,000.

 

KataKunci: Experiential Marketing, Fasilitas dan Minat Kunjungan Ulang.

Downloads

Published

2021-07-20

How to Cite

Iqbal, M., & Sujana, S. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Dan Fasilitas Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pada Jungleland Advanture Theme Park. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.37641/jipkes.v2i2.783