Pengaruh Kualitas Produk, Persepi Harga, Dan Suasana Toko Terhadap Minat Beli Ulang Pada Konsumen Kopi Nako Di Kota Bogor

  • Nathanael Dixon Kusuma Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Sujana Sujana Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
Keywords: Kualitas Produk, Persepsi Harga, Suasana Toko, dan Minat Beli Ulang, product quality, perceived price, store atmosphere

Abstract

Untuk dapat meningkatkan kepuasaan Pelanggan,perusahaan dituntut untuk memiliki strategi yang tepat agar dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan nya. Kualitas produk, Persepsi harga dan suasana toko dapat menjadi faktor bagi perusahaan untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan dan minat beli ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Suasana Toko berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Minat Beli Ulang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli kopi nako di kota Bogor dengan jumlah sampel sebanyak 260 orang. Metode sampling yang digunakan adalah metode non probability sampling dengan tipe purposive sampling. Metode analisis data meggunakan regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Suasana Toko terhadap Minat Beli Ulang. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan Software SPSS 20. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Kualitas Produk secara parsial  berpengaruh terhadap Minat Beli Ulang dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,473 > 1,65). (2) Persepsi Harga secara parsial tidak berpengaruh terhadap Minat Beli Ulang dengan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (0,826 < 1,65). (3) Suasana Toko secara parsial berpengaruh terhadap Minat Beli Ulang degan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (12,183 > 1,65). (4) Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Suasana Toko secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (165,833 > 2,64) dan nilai signifikansi sebesar 0.000. (5) Ketiga variabel independen (Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Suasana Toko) mampu menjelaskan variasi pada variabel dependen (Minat Beli Ulang) sebesar 66%, sedangkan 34% Minat Beli Ulang dipengaruhi oleh variabel independen lainnya.

 

KataKunci: Kualitas Produk, Persepsi Harga, Suasana Toko, dan Minat Beli Ulang

Published
2021-07-20
How to Cite
Kusuma, N., & Sujana, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepi Harga, Dan Suasana Toko Terhadap Minat Beli Ulang Pada Konsumen Kopi Nako Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 2(2), 81 - 90. https://doi.org/10.37641/jipkes.v2i2.784