Kajian Ekowisata Dan Kearifan Lokal Di Kawasan Situgede Bogor

Authors

  • Cecilia V. Srihadi Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Aldo Rivaldo Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i2.916

Keywords:

ekowisata, kearifan lokal, situgede

Abstract

Situgede merupakan asset lingkungan uang berharga bagi ekosistem tanah dan air di Kota Bogor dan sekitarnya. Pemanfaatan produktif wilayah ini, dapat dilakukan melalui ekowisata.  Konsep back to nature, merupakan gaya hidup kekinian yang semakin digemari terutama pascapandemi covid-19. Agar fungsi ekowisata dapat dilakukan secara berkelanjutan, kolaborasi konsep dan stakeholders menjadi sebuah prioritas.

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengkaji mengenai seberapa besar potensi yang dimiliki oleh kawasan Situ Gede agar dapat memenuhi kritera sebagai destinasi ekowisata di kota Bogor. Analisis data dilakukan menggunakan Teknik analisis deskriptif dengan menguraikan pokok pembahasan secara mendalam dari hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa Lokasi SituGede memiliki pengelola yang berbeda, dengan perbedaan konsep pengelolaam wilayah StuGede dari sisi wilayah pemukiman (Lokasi I) dan dari sisi wilayah hutan (lokasi II). Yang juga memberikan pengalaman kunjungan yang berbeda untuk para pengunjung dimasing masing lokasi tersebut.

Downloads

Published

2020-10-28

How to Cite

Srihadi, C. V., & Rivaldo, A. (2020). Kajian Ekowisata Dan Kearifan Lokal Di Kawasan Situgede Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(2), 53–70. https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i2.916