SARANA BAURAN PEMASARAN (4C) BERSAMAAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UKM (Usaha Kecil Menengah)

Studi Kasus: Makanan Jalanan Ketoprak Jafar

Authors

Keywords:

Marketing Mix (4C's), UKM, dan keputusan membeli

Abstract

Usaha kecil menengah (UKM) merupakan salah satu pilar dari
pertumbuhan ekonomi negara yang relatif tidak terkena dampak krisis, jenis usaha
UKM yang terus menarik dan atraktif adalah kuliner berupa makanan tradisional
yang banyak kita temukan di tanah air. Ketoprak merupakan makanan tradisional
favorit bagi semua kalangan. Tujuan dari riset adalah untuk melihat
keterhubungan antara unsur-unsur marketing mix (4C's (Customer Value; Cost;
Convinience; dan Communication)) terhadap keputusan pembelian sebuah produk
UKM yaitu Ketoprak Jafar. Riset ini menggunakan metodologi sampling
purposive dalam pemilihan sampel dan regresi linier berganda. Ketoprak Jafar
merupakan salah satu produk UKM kaki lima yang fenomenal bila dilihat dari sisi
pendapatan dan membuka lapangan kerja bagi sejumlah karyawan.
Hasil dari riset diharapkan akan memberikan manfaat bagi pemilik dan
pengelola usaha ketoprak Jafar sehingga mampu terus bertumbuh dan
berkelanjutan ditengah ketatnya kompetisi diusaha kuliner tradisional.
Kata kunci : Marketing Mix (4C's), UKM, dan keputusan membeli

Downloads

Published

2021-07-01