Tinjauan Atas Peranan Sales Promotion Pada PT. Ruang Abadi Properti Indo

Authors

  • Faisal Priangga Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Weman Suardy Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Tubagus Dicky Faldy S. Noor Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jabkes.v2i1.1356

Keywords:

sales, sales promotion, marketing

Abstract

Tingkat persaingan di dunia bisnis saat ini khususnya di indonesia sangat ketat, tidak terkecuali pada sektor properti yang mengalami perkembangan dan tumbuh dinamis adalah sektor rumah tinggal. Faktor tersebut  di dorong oleh pertumbuhan penduduk di indonesia yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Hal ini merupakan suatu peluang yang potensial untuk membuka usaha bisnis di bidang properti.Perusahaan properti merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pembangunan seperti apartemen, perumahan, perkantoran, dan lain sebagainya. Bisnis properti merupakan salah satu usaha yang hampir dapat dipastikan tidak akan pernah mati karena kebutuhan akan papan atau tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok utama manusia, dan setiap manusia akan berusaha untuk dapat memenuhinya.

           Tujuan dari penelitian ini yaitu : untuk mengetahui cara penjualan produk pada PT. Ruang Abadi Properti Indo, untuk mengetahui bagaimana penerapan peranan sales promotion pada PT. Ruang Abadi Properti Indo, untuk mengetahui hambatan peranan sales promotion pada PT. Ruang Abadi Properti Indo.

          Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, penjualan properti yang dilakukan oleh PT. Ruang Abadi Properti Indo yaitu, cara penjualan yang dilakukan oleh PT. Ruang Abadi Properti Indo dengan menggunakan metode canvassing, mengikuti kegiatan event/pameran di mall dan swalayan dan menggunakan social media dalam melakukan penjualannya. Sedangkan penerapan peranan sales promotion yang peneliti meninjau yaitu dengan cara membagikan sample, tawaran pengembalian uang, paket harga, dan garansi produk.

          Kesimpulan dari penelitian ini yaitu PT. Ruang Abadi Properti Indo melakukan kegiatan penjualan dengan menggunakan metode canvassing, melakukan kegiatan event/pameran properti, dan kegiatan penjualan melalui social media. Sedangkan penerapan peranan sales promotion yang dilakukan oleh PT. Ruang Abadi Properti Indo yaitu dengan cara membagikan sample, tawaran pengembalian uang, paket harga, dan garansi produk. Terdapat hambatan-hambatan yang ditemui peran penjual dalam peranan sales promotion pada PT. Ruang Abadi Properti Indo yaitu kurangnya jumlah sales/tenaga penjualan sehingga kegiatan penjualan tidak mengalami peningkatan, Banyaknya para pesaing baru yang mulai bermunculan pada bisnis usaha di bidang properti dan sulit untuk mendapatkan calon konsumen, Tidak mengikuti banyak event/pameran besar menyebabkan kurangnya untuk mendapatkan lebih banyak database konsumen .

 

Kata Kunci : Sales, Peranan Sales Promotion

Downloads

Published

2022-04-13