Pengaruh Kualitas Situs Website, Kepercayaan Konsumen, Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Ulang Di Situs Jual Beli Online OLX

Studi Kasus Pengguna OLX Di Kota Bogor

Authors

  • Rangga Dwigana Hariadi Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Sulistiono Sulistiono Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jikes.v1i1.402

Keywords:

Kualitas Website, Kualitas Pelayanan, Belanja Online, ECommerce

Abstract

OLX Indonesia merupakan situs perdagangan elektronik pasang iklan gratis yang merupakan layanan yang disediakan untuk para penjual, dimana dalam melakukan transaksi baik jual ataupun beli tidak dikenakan biaya. Tidak hanya itu, OLX Indonesia juga dapat menjadi search engine yang friendly karena bukan hanya pengunjung situs yang dapat menemukan iklan yang dipublikasikan, tetapi juga orang-orang yang mencari produk dan jasa melalui search engine. Maksud dari penelitian ini adalah untuk 1) Untuk Mengetahui dan Menganalisis pengaruh Kualitas Situs Website, Kepercayaan Konsumen dan Pengalaman Berbelanja secara Bersama-sama terhadap Minat Beli Ulang di Situs Jual Beli Online Olx. 2) Untuk Mengetahui dan Menganalisis pengaruh Kualitas Situs Website terhadap Minat Beli Ulang di Situs Jual Beli Online Olx. 3) Untuk Mengetahui dan Menganalisis pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Ulang di Situs Jual Beli Online Olx. 4) Untuk Mengetahui dan Menganalisis pengaruh Pengalaman Berbelanja terhadap Minat Beli Ulang di Situs Jual Beli Online Olx. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil dari Masyarakat Kota Bogor. Data penelitian diolah menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Kualitas Situs Website tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat beli ulang dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,056 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,294. 2) Kepercayaan Konsumen Berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang dengan nilai koefisien regresi sebesar 2,140 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,035. 3) Pengalaman Berbelanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang dengan nilai koefisien regresi sebesar 4,115 dan memiliki nilai signifikan  0,000. 4) Kualitas Situs Website, Kepercayaan Konsumen, dan Pengalaman Berbelanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang Pada Situs Jual Beli Online OLX dengan nilai F hitung sebesar 25,978 dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000.

Downloads

Published

2021-08-02

How to Cite

Hariadi, R. D., & Sulistiono, S. (2021). Pengaruh Kualitas Situs Website, Kepercayaan Konsumen, Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Ulang Di Situs Jual Beli Online OLX: Studi Kasus Pengguna OLX Di Kota Bogor. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.37641/jikes.v1i1.402