Model Peningkatan Kinerja Berbasis Budaya Organisasi, Learning Organization, dan Knowledge Sharing
Studi Kasus Pada Pos Indonesia Kantor Cabang Kota Magelang
DOI:
https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i2.1315Keywords:
Kinerja karyawan, budaya organisasi, learning organization, dan knowledge sharingAbstract
Perkembangan dunia bisnis berdampak pada perubahan dalam mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia untuk meningkatkan kinerja karyawannya. Salah satu perusahaan yang melakukan perubahan untuk meningkatkan kinerja karyawan adalah Pos Indonesia Kantor Cabang Kota Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model peningkatan kinerja karyawan berbasis budaya organisasi, learning organization, dan knowledge sharing. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Pos Indonesia Kantor Cabang Kota Magelang dengan populasi berjumlah 40 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara kepada bagian kepegawaian, menyebarkan kuesioner, dan selanjutnya di analisis menggunakan SPSS dengan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara budaya organisasi terhadap knowlege sharing, learning organization berpengaruh terhadap knowledge sharing, knowledge sharing berpengaruh terhadap kinerja karyawan, budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan, tidak adanya pengaruh learning organization terhadap kinerja karyawan, dan knowledge sharing mampu memediasi pengaruh learning organization terhadap kinerja karyawan, namun tidak mampu memediasi budaya organisasi terhadap kinerja karyawan.