Pendekatan Technology Acceptance Model Untuk Menganalisis Penggunaan Sistem Digital Learning Ukrida Dalam Pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

  • Oktavia Oktavia Universitas Kristen Krida Wacana
  • Lambok DR Tampubolon Universitas Kristen Krida Wacana
  • Diana Frederica Universitas Kristen Krida Wacana
  • Febriani CS Magdalena Universitas Kristen Krida Wacana
  • Eva Oktavini Universitas Kristen Krida Wacana
  • Hartoni Hartoni Universitas Kristen Krida Wacana
  • Denny Iskandar Tjandrawan Universitas Kristen Krida Wacana
Keywords: Technology Acceptance Model, Kampus Merdeka, Sistem Digital Learning

Abstract

Ukrida dalam mendukung terlaksananya program MBKM ini telah menerapkan teknologi pembelajaran (digital learning) yaitu Ukrida Virtual Class (UVC) dan New Sisfo. Ukrida Virtual Class (UVC) dan New Sisfo diluncurkan pada tahun 2021 dan telah dilakukan pelatihan baik kepada dosen maupun mahasiswa. Ukrida Virtual Class (UVC) dan New Sisfo. telah dimanfaatkan oleh semua mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan serta mahasiswa yang sedang mengambil program pertukaran pelajar di Ukrida. Menurut Davis (1989) ; Venkatesh dan Davis (2000) penerapan teknologi (digital learning) yang baik dapat di ukur dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dengan menggunakan variable mudah untuk digunakan (Perceived to Use) dan memberikan kembermanfaatn kepada pengguna (Perceived Usefulness) serta berguna (Usage). Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai apakah Ukrida Virtual Class (UVC) dan New Sisfo telah benar-benar mendukung pelaksanaan MBKM ini dengan baik maka peneliti tertarik untuk meneliti. Populasi penelitian adalah seluruh dosen dan mahasiswa Universitas Kristen Krida Wacana. Sampel diambil dengan metode simple random sampling dengan jumlah 450 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kebermanfaatan, dan sikap terhadap penggunaan secara parsial berpengaruh positif terhadap penggunaan aplikasi New Sisfo, sikap terhadap penggunaan tidak berpengaruh terhadap penggunaan aplikasi UVC. Persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kebermanfaatan secara parsial berpengaruh positif terhadap penggunaan aplikasi UVC, responden menyatakan aplikasi New Sisfo dan UVC mudah untuk digunakan, bermanfaat bagi proses belajar mengajar di Ukrida, dan para dosen serta mahasiswa sering mengakses aplikasi ini, aplikasi digital learning yang digunakan di Ukrida telah sesuai dengan kebutuhan.

 

 

Published
2022-08-24
How to Cite
Oktavia, O., Tampubolon, L., Frederica, D., Magdalena, F., Oktavini, E., Hartoni, H., & Tjandrawan, D. (2022). Pendekatan Technology Acceptance Model Untuk Menganalisis Penggunaan Sistem Digital Learning Ukrida Dalam Pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(2). https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i2.1396