Pengaruh Persepsi Keamanan dan Persepsi Kemudahan terhadap Niat Beli Online pada Calon Konsumen TikTok Shop dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Puspita Larasati Universitas Pembangunan "Veteran" Yogyakarta
  • Surpiko Hapsoro Darpito Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i1.1684

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Persepsi Keamanan dan Persepsi Kemudahan terhadap Niat Beli secara Online dengan Kepercayaan (trust) sebagai Variabel Intervening (Survei Pada Calon Konsumen TikTok Shop di Daerah Istimewa Yogyakarta). Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan kuantitatif dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan data dilakukan pada bulan Februari 2023. Populasi penelitian adalah seluruh masyarakat yang berdomisili di Daerah Istimewa Yogyakarta.  Sampel yang diteliti sebanyak 100 responden.  Teknik pengumpulan data dilakukan  dengan menyebarkan   kuesioner   menggunakan google   form.   Penelitian   ini   menggunakan SmartPLS 3.0 untuk alat analisis Windows. Hasil penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  1) Persepsi Keamanan berpengaruh positif dan sigifikan terhadap Niat Beli Online, 2)  Persepsi Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Beli Online,  3)  Persepsi Kemanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan (trust), 4) Persepsi Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepercayaan (trust), 5) Kepercayaan (trust) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Beli Online, 6) Persepsi Keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Beli Online melalui Kepercayaan (trust), 7) Persepsi Kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Beli Online melalui Kepercayaan (trust).  Nilai R square sebesar 0,725 berarti bahwa 72,5% variasi Niat Beli Online pada TikTok Shop dapat dijelaskan oleh variabel Persepsi Keamanan, Persepsi Kemudahan dan Kepercayaan (trust), sisanya 27,5% dijelaskan oleh variable lain di luar penelitian ini. 

 

Kata kunci: Persepsi Keamanan, Persepsi Kemudahan, Niat Beli secara Online, Kepercayaan (trust)

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-12

How to Cite

Larasati, P., & Darpito, S. H. (2023). Pengaruh Persepsi Keamanan dan Persepsi Kemudahan terhadap Niat Beli Online pada Calon Konsumen TikTok Shop dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(1), 91–102. https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i1.1684