Pengaruh Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Di Kota Palembang

Authors

  • Jafrizal Jafrizal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi APRIN

DOI:

https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i3.396

Keywords:

Persepsi Konsumen, Sikap Konsumen

Abstract

Minimarket  menjadi  pilihan  masyarakat  untuk  memenuhi  kebutuhan sehari-hari.   Hal   ini   disebabkan   karena   minimarket   lebih   dekat   dengan masyarakat luas. Minimarket memiliki karateristik dan strategi yang hampir sama satu dengan yang lainnya terutama Indomaret. Indomaret merupakan jaringan minimarket yang memiliki gerai yang sangat luas. Dalam hitungan tahun, minimarket telah menyebar ke berbagai daerah. Memilih minimarket adalah proses interaksi antara strategi pemasaran pengecer dan karakteristik individual dari pembeli. Konsumen memilih atau membandingkan minimarket yang ingin mereka kunjungi sesuai dengan persepsi mereka. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apakah persepsi dan sikap konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Minimarket? (2) Diantara  variabel  kualitas  pelayanan  (service  quality),  harga  (price), kualitas  produk  (product  quality),  promosi  (promotion),  pengalaman pribadi (personal experience), peran keluarga (family role), dan media sosial (social media), variabel manakah yang dominan memengaruhi keputusan pembelian pada Minimarket?. Penelitian ini dilaksanakan pada Minimarket yang ada di Kota Palembang khususnya Indomaret dimulai dari bulan Januari hingga Maret 2020. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen yang berbelanja di Minimarket  Indomaret. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi dan sikap konsumen yang meliputi variabel kualitas pelayanan, harga, kualitas produk, promosi, pengalaman pribadi, peran keluarga dan media sosial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada minimarket di Kota Palembang. Variabel   independen   (kualitas   pelayanan,   harga,   kualitas   produk, promosi, pengalaman pribadi, peran keluarga dan media sosial) yang secara parsial memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) adalah variabel promosi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-17

How to Cite

Jafrizal, J. (2020). Pengaruh Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minimarket Di Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(3), 329–340. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i3.396