Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Word Of Mouth

(Studi Kasus Pada The Jungle Waterpark Bogor)

Authors

  • Fahmy Wijaya Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Sujana Sujana Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.323

Keywords:

WOM, customer satisfaction, service quality

Abstract

Penelitian ini bertujuaan untuk mengetahui dan menjelaskan Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pelanggan serta dampaknya terhadap Word of Mouth pada The Jungle Waterpark. Penelitian ini dilakukan pada pengunjung The Jungle dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden, teknik sampling menggunakan rumus slovin. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanatif dan menggunakan metode analisis structural (SEM) dengan menggunakan Software AMOS 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Variabel Kualitas Layanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan The Jungle Waterpark (2) Persepsi Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan The Jungle Waterpark. (3) Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Word of Mouth

 

Kata Kunci : kualitas layanan, persepsi harga, kepuasan pelanggan, wom

References

Adi, S., Martani, D., Pamungkas, B. and Simanjuntak, R.A., 2016. Analysis of the quality of performance report of the local government on websites: Indonesian case. Cogent Business & Management, 3(1), p.1229393.
Ajmi, D.N. and Iriyadi, I., 2018. Analisis Penentuan Tarif Rawat Inap dan Perhitungan Harga Pokok Pada Klinik Utama Rawat Inap dr. Yati Zarnudji. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 6(3), pp.227-238.
Basu. Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. edisi 2. Penerbit Liberty. Yogyakarta. Indonesia
Endraswara. Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra. Caps. Yogyakarta. Indonesia
Ghozali, Imam. 2008. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan program AMOS 16.0. Semarang: Badab Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali. Imam. 2009. Aplikasi Analisis program SPSS. Penerbit Universitas Diponogoro. Semarang. Indonesia
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik, Penerbit Gaya Media. Yogyakarta. Indonesia
Haryono, Siswoyo dan Wardoyo, Parwoto. 2012. Structural Equation Modelling Untuk Penelitian Manajemen Menggunakan Amos 18. Jawa Barat: PT. Intermedia Personalia Utama.
Hasan. Ali. 2010. Word of Mouth Marketing. Penerbit Media Presindo. Yogyakarta. Indonesia
Iriyadi, I., 2019. Prevention of Earnings Management through Audit Committee and Audit Quality in the Award-Winning and Non-Winning Companies. Journal of Accounting Research, Organization and Economics, 2(2), pp.155-169.
Kotller. Philip dan Armstrong. 2012. Prinsip Prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta. Indonesia
Kotller. Philip dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta. Indonesia
Lovelock. Cristopher. 2010. Pemasaran Jasa Perspektif edisi ketujuh. Jilid 2. Penerbit Erlangga. Jakarta. Indonesia
Lovelock. C dan Writz. J. 2011. Pemasaran Jasa Perspektif edisi ketujuh. Penerbit Erlangga. Jakarta. Indonesia
Lupiyoadi. H. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit Salemba Empat. Jakarta. Indonesia
Rangkuti. Freddy. 2009. Mengukur Efektivitas Program Promosi & Analisis Kasus menggunakan SPSS. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Indonesia
Sangadi. Etta dan Spiah. 2013. Perilaku Konsumen. pendekatan praktis. Penerbit Andi. Yogyakarta. Indonesia
Schiffman. L & Kanuk. L. 2008. Perilaku Konsumen. edisi ketujuh. Indeks. Jakarta. Indonesia
Sumardy dkk. 2011. The Power of Word of Mouth Marketing. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Indonesia
Sugiyono. 2011. “Statistika Untuk Penelitan”. Penerbit Alfabeta. Bandung. Indonesia
Tjiptono. F, dan Chandra. G. 2011. Service Quality & Satisfaction. Penerbit Andi. Yogyakarta. Indonesia
Waluyo, Minto. 2016. Mudah Cepat Tepat Penggunaan Tools Amos Dalam Aplikasi Penerbit Upn Veteran. Jatim.
Munandar. Adhitya. 2018. Tinjauan Atas Layanan Pelengkap di Hotel Lorin Sentul. Tugas Akhir STIE Kesatuan. Bogor
Attin Ratih Permana. 2016. Pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di starbucks bandung indah plaza. skripsi Universitas Pasundan. Bandung
Batubara, Ginting dan Lubis. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Word of Mouth Mahasiswa. Universitas Sumatera Utara. Medan
Winahayu. Dasanti. 2012. Analisis Pengaruh Persepsi Harga Kualitas Produk dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Air Minum Axology. Skripsi Universitas Diponogoro. Semarang
Farid. Muhammad. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pengguna Aplikasi Traveloka Berbasis Internet. Skripsi Universitas Lampung. Lampung
Fitriyana et al. 2013, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Online Shop Menggunakan Structural Equation Modeling”, Jurnal Gaussian, Vol. 2, No. 2, p. 98-108
Juniantara. I Made dan Sukawarti. Tjokorda. 2018. Pengaruh Persepsi Harga Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Skripsi Universitas Udayana. Bali. Indonesia
Yuniyanti, Vivi. 2018. Pengaruh Persepsi Harga, Word of Mouth dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi Institut Agama Islam. Surakarta
Pamungkas, B., Ibtida, R. and Avrian, C., 2018. Factors influencing audit opinion of the Indonesian municipal governments’ financial statements. Cogent Business & Management, 5(1), p.1540256.
Purba, J.H.V. and Munawar, A., 2008. Kajian Dampak Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Ranggagading (JIR), 8(2), pp.95-102.

Downloads

Published

2020-06-17

How to Cite

Wijaya, F., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Word Of Mouth: (Studi Kasus Pada The Jungle Waterpark Bogor). Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.323