Penyusunan Laporan Keuangan Pada UMKM Berdasarkan SAK EMKM

Studi Kasus pada Pabrik Tempe Pak Kasmono

Authors

  • Silva Noviva Anggraeni Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Tri Marlina Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Suwarno Suwarno Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

DOI:

https://doi.org/10.37641/jabkes.v1i2.1342

Keywords:

SAK EMKM, laporan keuangan, umkm

Abstract

Pencatatan laporan keuangan merupakan salah satu hal penting dalam kelangsungan suatu perusahaan, baik perusahaan besar maupun usaha kecil (UMKM). Setiap perusahaan harus mempunyai laporan keuangan yang baik dan benar sesuai standar akuntansi, hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan kinerja keuangan perusahaan serta dapat membantu pemilik perusahaan dalam pengambilan keputusan.

Pengamatan ini bertujuan untuk membantu UMKM dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM. Pengamatan dilakukan pada Pabrik Tempe Pak Kasmono dengan melakukan wawancara serta meminta data laporan keuangan untuk diolah agar sesuai dengan SAK EMKM. Penyusunan laporan keuangan dilakukan dengan metode periodik untuk periode April 2021.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa Pabrik Tempe Pak Kasmono dalam menyusun laporan keuangan masih sangat sederhana dan belum sesuai dengan standar akuntansi. Pencatatan laporan keuangan Pabrik Tempe Pak Kasmono dilakukan berdasarkan penerimaan dan pengeluaran kas. Faktor yang menyebabkan pencatatan keuangan pada Pabrik Tempe Pak Kasmono masih sangat sederhana adalah karena kurangnya sumber daya manusia dan pemahaman mengenai laporan keuangan. Pengamatan menghasilkan laporan keuangan yang sesuai dengan SAK EMKM terdiri dari laporan laba rugi, laporan posisi keuangan dan catatan atas laporan keuangan pada bulan April 2021.

Keyword : SAK EMKM, laporan keuangan, UMKM

Downloads

Published

2021-12-06